Karya Inovasi PSSP Terpilih Sebagai “112 Karya Inovasi Indonesia Paling Prospektif-2020”

Karya Inovasi PSSP Terpilih Sebagai “112 Karya Inovasi Indonesia Paling Prospektif-2020”

PSSP, Bogor – Proposal karya inovasi Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) LPPM-IPB yang berjudul “Kit Penapisan Marka Alzheimer sebagai Upaya Kemandirian Bangsa dalam Riset Neurosains”¬†terpilih sebagai salah satu dari “112 Karya Inovasi Indonesia Paling Prospektif-2020” oleh Business Innovation Center (BIC). Inovasi tersebut merupakan karya dari:

  • Drh Huda Shalahudin Darusman, MSi, PhD
  • Prof drh Dondin Sajuthi, MST, PhD
  • Dr Uus Saepuloh, SSi, MBiomed
  • Dr Silmi Mariya, SSi, MSi
  • Dr dr Irma H. Suparto, MS
  • Dr Sela Septima Mariya, SSi
  • Dr Indah A. Putri, SpS, MSc

Dilansir dari situs resmi BIC (bic.web.id), telah terpilih 85 proposal untuk tampil di “112 Inovasi Indonesia-2020”. Dari 412 proposal inovasi yang diajukan, 330 proposal diajukan ke proses REVIEW, dan 139 proposal diantaranya lolos sebagai kandidat untuk SELEKSI dan terlebih dahulu diterbitkan di e-book BIC sebagai “THE CHALLENGERS 112 Inovasi Indonesia-2020”.

Seleksi “112 Inovasi Indonesia-2020” dilakukan oleh 17 juri dalam empat kategori proposal, dan setiap proposal dinilai oleh 4 sampai 5 juri (pada tahun-tahun sebelumnya setiap proposal hanya dinilai oleh 3 juri). Ini merupakan pemilihan “100+ Inovasi Indonesia” yang dapat dikatakan paling ketat dan paling “bertaburan VETO” dalam sejarah BIC. Selain menilai melalui proposal beserta lampiran-lampiran pendukungnya, setiap juri mendapat fasilitas “klik” untuk melihat tampilan setiap proposal di “THE CHALLENGERS”. Setelah dibahas dalam sidang juri secara “online” pada 3 Februari 2021, dan dilakukan klarifikasi dengan para juri; akhirnya ditetapkan sejumlah 85 proposal dari 139 kandidat yang terpilih menghiasi e-book “112 Inovasi Indonesia-2020”. Sesuai dengan mekanisme “e-incubator BIC”, maka 54 proposal yang belum terpilih, akan memperoleh masukan dari juri-juri yang menilai; dan jika diinginkan dapat menyempurnakan lagi proposalnya untuk ikut dapat pemilihan “113 Inovasi Indonesia-2021” tahun ini (dilansir dari bic.web.id).

Semoga inovasi-inovasi bermanfaat dapat terus dikembangkan untuk memajukan Indonesia dan memberi manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia. (HIS)