Webinar Primatologi Seri Ke-2: Menyelamatkan Satwa Primata, Menyelamatkan Primata Manusia
Bogor – Rangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Program Studi Primatologi Sekolah Pascasarjana IPB University serta Himpunan Mahasiswa dan Alumni Primatologi (HIMAPRIMA) IPB University, merupakan rangkaian pemaparan kemajuan ilmu pengetahuan biologi, konservasi dan biomedis yang berhubungan dengan satwa primata. Rangkaian webinar yang diselenggarakan juga bertujuan memperkenalkan Program Studi Primatologi Sekolah Pascasarjana IPB University, baik untuk program Magister (S2) dan program Doktor (S3). Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) LPPM IPB dan Yayasan Nirwana Dondin Sajuthi. Topik yang diusung pada webinar seri ke-2 ini yaitu “Menyelamatkan Satwa Primata, Menyelamatkan Primata Manusia”.
Webinar seri ke-2 yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Mei 2022 pukul 09.00-11.30 WIB membahas aspek konservasi satwa primata. Narasumber pertama yaitu Prof Dr Ir Hadi S. Alikodra, MS yang menjelaskan terkait “Era Baru Konservasi Primata bagi Keselamatan Manusia”. Beliau merupakan Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University. Narasumber kedua yaitu Dr drh R. Taufiq Purna Nugraha, MSi yang membahas “Studi Endokrinologi untuk Menunjang Konservasi Satwa Primata”. Beliau merupakan peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Moderator webinar seri ke-2 ini merupakan Penanggung Jawab Laboratorium Hewan Penelitian dan Laboratorium Hewan Konservasi Pusat Studi Satwa Primata (PSSP)-LPPM IPB yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Primatologi IPB University, yaitu drh Suryo Saputro.
Webinar ini diawali oleh sambutan Ketua Program Studi Primatologi sekaligus Kepala PSSP-LPPM IPB, drh Huda S. Darusman, MSi, PhD dan dibuka secara resmi oleh wakil dekan Sekolah Pascasarjana IPB, Prof Dr Ir Agus Buono, MSi, MKom. Webinar ini dihadiri oleh 187 peserta yang berasal dari berbagai universitas dan instansi. Webinar ditutup dengan kuis terkait materi yang disampaikan narasumber sebagai bahan evaluasi. (VSM/HIS)